tahun 2014 manusia prasejarah ditemukan di gua pawon

 pada tanggal 9 bulan 3 tahun 2014 adalah proses ekskavasi atau penggalian di gua pawon menemukan adanya enam individu manusia prasejarah yang tinggal di situs purbakala tersebut,hal itu berdasarkan temuan perbedaan struktur tulang dan lapisan tanah hasil penggalian.
 yang paling penting dari ekskavasi lanjutan ini, kami menemukan enam individu manusia yang menghuni gua pawon kata kepala tim penelitian balai arkeologi bandung lutfi yondri saat hari terakhir ekskavasi di gua pawon  cipatat,kabupaten bandung barat.
gerbang gua pawon

 indikasi keberadaan 6 individu manusia prasejarah itu,menurut lutfi yondri ,didapatkan dari penemuan bagian tulang kaki,lepasan tulang telapak kaki, tulang jari kaki, tulang jaring tangan, potongan tulang panjang yang sudah rapuh.
tulang manusia prasejarah

 hingga kini, tim peneliti belum mengetahui identitas ,umur budaya, maupun jenis ras dari 6 individu tersebut.temuan hanya berupa tulang belulang yang memiliki perbedaan struktur.demikian pula dengan lapisan tanah yang digali lebih dalam dari penelitian sebelumnya,"disimpulkan bagian rangka itu berasal dari 6 individu yang berbeda" ucap lutfi.
 kedalaman penggalian pun mencapai 3 meter dari permukaan tanah atau lebih dalam dibandingkan dengan temuan rangka manusia prasejarah gua pawon sebelumnya yang terkubur terlipat.lutfi mengatakan ,umur temuan tersebut masih menunggu pengungkapan analisis karbon .sebelumnya, dua rangka manusia gua pawon terlipat diketahui berumur 7300 dan 9500 tahun.
 kedua manusia prasejarah tersebut memiliki ciri khas mongoloid dari pola tautan rahang atas dan bawah , keausan gigi , serta indeks ukuran kepala mesocephal. temuan terbaru hasil penelitian dan penggalian pada 2014,menurut lutfi,akan di analisis di klasifikasi  dan di interpretasikan kaitannya dengan kehidupan prasejarah yang berlangsung,"kami juga mengharapkan analisis karbon untuk mengetahui umur budaya yang masih terdeposisi di gua pawon" katanya.
 proses rekonstruksi manusia prasejarah tersebut masih menunggu penggalian selanjutnya.pasalnya,sejumlah rangka lain masih berada dibawah lapisan tanah. lutfi juga berharap adanya rekonstruksi budaya manusia prasejarah tersebut. "dengan demikian ,temuan ini bisa diperlihatkan di museum gua pawon"ucapnya.




 sejumlah peralatan budaya manusia prasejarah pentingpun ditemukan."selama ini kami hanya menemukan artefaktual atau alat batu dari obsidian,andesit,batu rijang.pada penelitian sekarang,kami menemukan indikasi bahan gamping digunakan sebagai alat batu" ucapnya. tak hanya itu para peneliti juga menemukan perhiasan dari taring binatang kelompok kucing dan alat yang terbuat dari taring babi."untuk sisi budaya perlu diteliti lagi karena masih banyak yang mesti diungkap.
 menurut lutfi dari diskusi dengan sejumlah peneliti , diperkirakan umur budaya jabar atau jawa barat terbilang tua " seharusnya jawa bagian barat punya umur budaya sekitar 35000 tahun lalu.proses peggalian yang telah berlangsung 14 hari tersebut juga mendapatkan ratusan keping fragmen tulang,belasan artefak obsidian,dan bahan gamping,pecahan batu pukul serta artefak bahan batu gamping dan serpihan rijang.
budaya manusia prasejarah

 berbagai temuan ekskavasi gua pawon 2014 memperkuat indikasi jabar merupakan bagian jalur migrasi manusia prasejarah di masa lampau,"indikasi dilihat dari hasil temuan arkeologi yang ada yang memperlihatkan adanya kesamaan pola kehidupan manusia prasejarah di kawasan asia daratan dan di indonesia .dia menambahkan kehidupan prasejarah sangat bergantung dari sumber daya alam yang tersedia.begitu pula dengan peralatan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup untuk di masa manusia prasejarah.
 dan ternyata indonesia masih banyak menyimpan arkeolog dan fosil yang berlimpah tetapi belum ditemukan .

Komentar

  1. wah, artikel menarik nih mas arga,, jadi nambah wawasan saya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iah sob nanti juga akan ada lagi penemuan lanjutan asyik nyimak berita nya :d

      Hapus
  2. wah hebat sekali mas penemu nya bisa menemukan manusia pra sejarah. Jadi bisa dijadikan peneulitian ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba eka indonesia ternyata banyak menyimpan misteri

      Hapus
  3. Ternyata di prediksikan
    Ajan masih ada lagi fosil manusia prasejarah lainnya menyusul ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas pur :d
      tambah penasaran aja nih mas pur........

      Hapus
  4. Waah, banyak juga ya manusia prasejarah yg di temukan di indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iah sob bikin penasaran aja nih ama kabar selanjut nya :d

      Hapus
  5. waaaw.. belajar sejarah lagi nih :D

    BalasHapus
  6. Katanya peradaban ini lebih tua dari piramida ya Kang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang :d tahu banget si akang nih kayak nya :d

      Hapus
  7. nambah wawasan nih.. ternyata dibalik gelapnya goa masih ada ya tersisa fosil manusia purbakala... tulangnya panjang banget orangnya pasti tinggi2 kali ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob wawasan akan selalu bertambah jika banyak baca :d

      Hapus
  8. penemuan yang hebat :)

    BalasHapus
Posting Komentar

jangan berkomentar berbau sara dan spam :)