penemuan batu naga di gunung pojoktiga

 Ditahun 2014 ini tepatnya dikuningan jawa barat ketua masyarakat arkeologi indonesia bapak ali akbar mengungkapkan bahwa situs batunaga yang berada dipuncak gunung pojoktiga merupakan situs besar peninggalan budaya megalitikum tetapi sayangnya jejak megalitikum ini belum terungkap.
 keberadaan situs dan artefak disitus ini sangat unik dan menarik untuk diungkap,sebagai penelitian arkeologi awal sudah dilakukan pak ali akbar bersama anggota MARI  sejak awal tahun 2013 , diantaranya dengan melihat langsung dan menyelusuri area lokasi situs.satu kali diantaran ya pada november 2013 bersama badan perencanaan dan pembangunan daerah kuningan.
 beberapa bulan terakhir pak ali juga telah menyelusuri serta menghimpun informasi tentang situs batunaga ke balai arkeologi bandung,balai pelestarian purbakala serang dan balai yogyakarta.
 kami mendapatkan informasi bahwa situs digunung pojoktiga yang sementara ini disebut situs batunaga pernah diteliti balai yogyakarta pada tahun 1985 namun baru bersifat kegiatan survey dan tidak ditindaklanjuti oleh badan penelitian yang spesifik.

penemuan batu naga di gunung pojoktiga
 pak ali juga mengatakan pada tahun 1978 kantor departemen dan kebudayaan brebes mencatat adanya temuan guci dan batu berpahat dipuncak gunung pojoktiga kemudian depdikbud brebes kemudian melaporkannya ke balar yogyakarta.balar yogyakarta juga sempat mengadakan survey kesitus gunung kuta didusun lebakwangi desa gunung tajem kecamatan salem kabupaten brebes.situs ini terletak diketinggian 1.019 meter diatas permukaan laut dan berada di rangkaian pegunungan sebelah timur gunung pojoktiga.
 disitus gunung kuta itu menemukan beberapa bangunan berupa pundak berundak temuan itu kemudian ditindak lanjuti oleh balar yogyakarta dengan melakukan penelitian arkeologi fokus ke situs gunungkuta.penelitian dilakukan tanggal 15juli sampai 29juli 1985 disertai dengan ekskavasi.
 dilihat dari foto foto dokumentasi kegiatan ekskavasinya bentuk susunan batu yang mereka temukan digunungkuta itu mirip dengan bentuk susunan bangunan batu yang tempo hari kami temukan diarea situs batunaga.saat penelitian dilakukan digunung kuta itu tim balar yogyakarta juga sempat mampir ke situs batu naga tetapi di batunaga mereka tidak sempat untuk ekskavasi.


 pak ali akbar menduga situs gunungkuta berkaitan dengan situs batunaga, adapun foto fotonya disitus gunungkuta itu ada punden berundak terdiri atas empat teras .situs batunaga ini diperkirakan puncak dari sebuah area situs yang besar terdiri dari beberapa punden tersusun dari berbagai arah jalur naik ke puncak itu misalnya dari brebes melalui gunung tajem lalu dari kuningan melalui dusun banjaran desa jabranti kecamatan karang kancana. bisa jadi dari kabupaten cilacap juga ada jalur naik melintasi punden punden sebagai tahapan menuju batunaga.
  pada saat mendaki gunung pojoktiga dari dusun banjaran sempat menemukan juga beberapa bentuk susunan batu menyerupai punden yang diperkirakan hasilkarya budaya megalitikum yang semasa dengan situs batunaga.
disitus batunaga ini yang berada di gunung pojoktiga terdapat menhir berukiran gambar naga dan beberapa ukiran lainnya,berikut beberapa titik aneka rupa bangunan batu tersusun,dan ali menyimpulkan batu dan ukiran naga yang ada di gunung pojoktiga itu merupakan peninggalan kebudayaan megalitikum.

jangan berkomentar berbau SARA dan SPAM

Komentar disqus
Komentar Facebook