tutorial blender rigging karakter dan membuat berjalan

 kali ini saya akan mencoba belajar animasi yaitu mulai rigging karakter pada blender sampai karakter bisa berjalan jalan atau pun action pada blender render, sebelum ke langkah langkah nya kita bahas dulu apa itu rigging dalam animasi 3D di blender.
 rigging pada karakter yang kita buat adalah memasukan tulang/bone kedalam karakter yang kita buat agar bila berpindah tempat tidak terlalu banyak mengedit frame seperti halnya pada potoshop , rigging dengan automatic weight ini objek karakter akan bergerak sesuai arah bone jadi intinya karakter yang kita buat tidak melipat lipat jika digerakkan.
 baik kita akan mulai langkah langkhanya

1.RIGGING PADA KARAKTER MANUSIA

 sebelum membuat animasi 3D bergerak tentunya agar memudahkan kita mengerak gerakkan objek tentunya kita harus menyatukan objek dengan bone.

 A. hal pertama setelah membuka aplikasi blender ini adalah membuka karakter yang telah kita buat baik itu karakter manusia,hewan,huruf,objek dll. namun jikalau belum mempunyai karakter disini saya akan memberikan karakter yang saya buat yaitu karakter KAKASHI bisa di download sebagai referensi untuk belajar animasi.
- download karakter kakashi.blend 800kb

 B. hal pertama setelah membuka karakter pada blender adalah memasukkan metarig nya terhadap karakter kakashi ini dengan cara
- SHIFT + S pilih kursor to center
- SHIFT + A pilih ARMATURE lalu pilih HUMAN METARIG
- tekan S lalu tarik mouse sampai metarig ini sama dengan karakter kakashi nya
- CTRL + A lalu pilih SCALE untuk membuat properties dari metarig ini tidak mengecil pada saat generatd nanti
- pilih edit mode dan 3D cursor
- pada menu kiri silahkan pilih OPTION lalu centang pada X AXIS MIROR agar bila menyamakan metarig disebelah kiri maka disebelah kanan juga ikut menyesuaikan.
-silahkan sesuaikan atau di pas kan metarig nya dengan karakter yang dibuat mulai dari kaki sampai tangan dan jari
- setelah beres lalu klik generated pada menu armature nya sehingga menghasilkan garis garis
rigging pada blender
1.settingan rig layer 2.hasil generated metarig dengan karakter manusia

C.sampai tahap diatas karakter kita bisa digerak gerak dengan cara memilih layer yang garis garis kuning pada gambar diatas tetapi untuk lebih lanjut lagi kita pilih mode kursor nya di TRANSFORMATION (lengkung curve) dan sesuaikan mode GLOBAL atau GIMBAL.
- pada 3D VIEW silahkan object mode ganti ke POSE MODE
-posisikan karakter sesuai selera tentu nya pada fose saat mau berjalan bisa dilihat di gambar dibawah ini.
rigging karakter blender
1.posisi dari kanan
2. posisi dari atas

- ganti mode deault pada kotak diatas ke mode animasi
-.pada CURRENT EDITOR TYPE AREA silahkan ganti dope sheet ke action editor
- pada TIMELINE silahkan klik bulet merah / record
- tekan A untuk seleksi semua
- tekan I lalu pilih LOCROT

 membuat karakter berjalan

  pada menu 3D view silahkan klik icon panah ke atas / COPY
-geser kan timeline pada frame 21 lalu pada menu 3D view klik icon panah kebawah arah kiri/PASTE
-lalu geserkan timeline nya atau boleh klik icon PLAY sampai disini karakter yang kita buat sudah bisa berjalan tetapi masih kaku.
rigging karakter blender
1.icon record
2.timeline
3.icon copy
4.icon paste

A. silahkan ke frame 11 untuk memposisikan karakter agar enak dilihat saat berjalan dimana pada layer 11 ini perpindahan antara kaki tangan kiri ke kaki tangan kanan
-setelah beres memposisikan silahkan tekan A lalu tekan I lalu pilih LOCROT
- tekan icon panah keatas /copy
-geserkan layer pada timeline ke layer 31 lalu klik icon panah kebawah/paste
-setting timeline end pada layer 31
- lalu coba play sampai disini karakter sudah enak liat berjalan tetapi jalan nya masih jalan ditempat
-ganti mode current type off ke mode NLA EDITOR
- lalu klik panah dua kebawah sampai ada garis kuning lalu tekan N untuk memunculkan properties
dan pilih pada repeat playback setting dari 1000 ke 2000
-lalu SHIFT+A pilih mess pilih plane untuk landasan berjalannya karakter
-geserkan karakter kepaling kanan layar lalu pastikan pada frame 1 lalu tekan I dan pilih LOCROT dan geserkan karakter kepaling sebelah kanan layar dan pastikan frame pada layer 61 lalu tekan I dan pilih LOCROT
-lalu pada NLA EDITOR klik tanda panah dua kebawah
- lalu coba play maka karakter yang dibuat sudah bisa berjalan maju pada landasan :)
rigging karakter blender

 sampai disini belajar membuat animasi 3D pada blender untuk membuat manusia berjalan pada landasan :)

namun jika masih bingung saya sediakan video tutorial blender bahasa indonesia dibawah ini
 semoga tutorial saya ini bisa membantu teman teman untuk belajar membuat animasi 3D pada blender.
Subscribe channel Youtube author

jangan berkomentar berbau SARA dan SPAM

Komentar disqus
Komentar Facebook