tutorial blender rigging karakter dan membuat berjalan

 kali ini saya akan mencoba belajar animasi yaitu mulai rigging karakter pada blender sampai karakter bisa berjalan jalan atau pun action pada blender render, sebelum ke langkah langkah nya kita bahas dulu apa itu rigging dalam animasi 3D di blender.
 rigging pada karakter yang kita buat adalah memasukan tulang/bone kedalam karakter yang kita buat agar bila berpindah tempat tidak terlalu banyak mengedit frame seperti halnya pada potoshop , rigging dengan automatic weight ini objek karakter akan bergerak sesuai arah bone jadi intinya karakter yang kita buat tidak melipat lipat jika digerakkan.
 baik kita akan mulai langkah langkhanya

1.RIGGING PADA KARAKTER MANUSIA

 sebelum membuat animasi 3D bergerak tentunya agar memudahkan kita mengerak gerakkan objek tentunya kita harus menyatukan objek dengan bone.

 A. hal pertama setelah membuka aplikasi blender ini adalah membuka karakter yang telah kita buat baik itu karakter manusia,hewan,huruf,objek dll. namun jikalau belum mempunyai karakter disini saya akan memberikan karakter yang saya buat yaitu karakter KAKASHI bisa di download sebagai referensi untuk belajar animasi.
- download karakter kakashi.blend 800kb

 B. hal pertama setelah membuka karakter pada blender adalah memasukkan metarig nya terhadap karakter kakashi ini dengan cara
- SHIFT + S pilih kursor to center
- SHIFT + A pilih ARMATURE lalu pilih HUMAN METARIG
- tekan S lalu tarik mouse sampai metarig ini sama dengan karakter kakashi nya
- CTRL + A lalu pilih SCALE untuk membuat properties dari metarig ini tidak mengecil pada saat generatd nanti
- pilih edit mode dan 3D cursor
- pada menu kiri silahkan pilih OPTION lalu centang pada X AXIS MIROR agar bila menyamakan metarig disebelah kiri maka disebelah kanan juga ikut menyesuaikan.
-silahkan sesuaikan atau di pas kan metarig nya dengan karakter yang dibuat mulai dari kaki sampai tangan dan jari
- setelah beres lalu klik generated pada menu armature nya sehingga menghasilkan garis garis
rigging pada blender
1.settingan rig layer 2.hasil generated metarig dengan karakter manusia

C.sampai tahap diatas karakter kita bisa digerak gerak dengan cara memilih layer yang garis garis kuning pada gambar diatas tetapi untuk lebih lanjut lagi kita pilih mode kursor nya di TRANSFORMATION (lengkung curve) dan sesuaikan mode GLOBAL atau GIMBAL.
- pada 3D VIEW silahkan object mode ganti ke POSE MODE
-posisikan karakter sesuai selera tentu nya pada fose saat mau berjalan bisa dilihat di gambar dibawah ini.
rigging karakter blender
1.posisi dari kanan
2. posisi dari atas

- ganti mode deault pada kotak diatas ke mode animasi
-.pada CURRENT EDITOR TYPE AREA silahkan ganti dope sheet ke action editor
- pada TIMELINE silahkan klik bulet merah / record
- tekan A untuk seleksi semua
- tekan I lalu pilih LOCROT

 membuat karakter berjalan

  pada menu 3D view silahkan klik icon panah ke atas / COPY
-geser kan timeline pada frame 21 lalu pada menu 3D view klik icon panah kebawah arah kiri/PASTE
-lalu geserkan timeline nya atau boleh klik icon PLAY sampai disini karakter yang kita buat sudah bisa berjalan tetapi masih kaku.
rigging karakter blender
1.icon record
2.timeline
3.icon copy
4.icon paste

A. silahkan ke frame 11 untuk memposisikan karakter agar enak dilihat saat berjalan dimana pada layer 11 ini perpindahan antara kaki tangan kiri ke kaki tangan kanan
-setelah beres memposisikan silahkan tekan A lalu tekan I lalu pilih LOCROT
- tekan icon panah keatas /copy
-geserkan layer pada timeline ke layer 31 lalu klik icon panah kebawah/paste
-setting timeline end pada layer 31
- lalu coba play sampai disini karakter sudah enak liat berjalan tetapi jalan nya masih jalan ditempat
-ganti mode current type off ke mode NLA EDITOR
- lalu klik panah dua kebawah sampai ada garis kuning lalu tekan N untuk memunculkan properties
dan pilih pada repeat playback setting dari 1000 ke 2000
-lalu SHIFT+A pilih mess pilih plane untuk landasan berjalannya karakter
-geserkan karakter kepaling kanan layar lalu pastikan pada frame 1 lalu tekan I dan pilih LOCROT dan geserkan karakter kepaling sebelah kanan layar dan pastikan frame pada layer 61 lalu tekan I dan pilih LOCROT
-lalu pada NLA EDITOR klik tanda panah dua kebawah
- lalu coba play maka karakter yang dibuat sudah bisa berjalan maju pada landasan :)
rigging karakter blender

 sampai disini belajar membuat animasi 3D pada blender untuk membuat manusia berjalan pada landasan :)

namun jika masih bingung saya sediakan video tutorial blender bahasa indonesia dibawah ini
 semoga tutorial saya ini bisa membantu teman teman untuk belajar membuat animasi 3D pada blender.

Komentar

  1. wuiih...keren banget euy ci akang bisa bikin tutorial blender bisa jalan, terus di ulik dan di pertajam kang ilmunya, soalnya saya mah palingan bisa nonton doang...abisnya mau gimana lagicoba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha bs aja si akang ya kalo tertarik sama sama blajar kang :-D hehe

      Hapus
    2. bang boleh tanya tentang blender kah mas?

      Hapus
  2. wah keren tutorialnya mas,, tapi saya harus blajar lbih giat deh agar bisa seperti mas

    BalasHapus
  3. Semakin hari semakin canggih ajah nic si Akang bikin tutorialnya... Keren Kang apalagi ada videonya jadi lebih mudah dipelajari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe sama aja kang saya jg lg belajar :-D

      Hapus
  4. mantep mas,,tapi kira-kira butuh spesifikasi hardware yang tinggi gak mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo buat belajar pakai core2duo jg berjalan normal sob dgn dukungan vga dan ram standar

      Hapus
  5. software blender ini ,, gak kuat buat laptop saya, soalnya speknya gak memadai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma bisa ngiler kepengen dunk...hhh

      Hapus
    2. hehehehe :) dicobain dulu aja :d

      Hapus
    3. Blender ringan kok gan,gak berat kok,yang berat itu 3ds max,hehehehe

      Hapus
  6. saya jadi pengen ikutan belajar menggunakan aplikasi Blender ini kang, keren yah bisa membuat gambar 3D berjalan...

    BalasHapus
  7. Kunjungan perdana mas,,, ditunggu follow baliknya..
    www.semuadownload.com

    BalasHapus
  8. nyimak tutorial blendernya lagi...slalu ada inovasi, manteb

    BalasHapus
  9. wuiiiiiiiiiiiiihhhhh mntap :D saya jadi kpengen Nyoba nih tapi sayangnya saya kurang begitu ahli dalam menggambar gan :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iseng iseng saja sob saya juga :d

      Hapus
  10. mau tanya gimana caranya apabila tulang hip di gerakin ke bawah tulang lutut kaki nya bisa ikut bergerak menjadi posisi jongkok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di settingan armaturenya sob coba samakan saja dengan settingan makehuman

      Hapus
  11. mas kok punya saya gak ada human metalrignya yadi amature. saya memakai blender 2.7

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cara ini mas Yoga -> File > User Preferences... > Add-ons > Rigging > centang Rigging: Rigify

      Hapus
  12. waduh ente hebat bener gan pusing ane ngikutinnya oya kok saya g nemuin human matalrignya ya mohon penjelasannya
    dan kunjungannya gan http://sebisaanda.blogspot.com

    BalasHapus
  13. kang saya ada tugas dari sekolah di suruh nge jelasin ringging . riging itu apaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. rigging adalah penciptaan gerakan dan tekstur pada benda yang akan kita jadikan objek

      Hapus
  14. kang saya copy paste bolh gak

    BalasHapus
  15. setelah melihat video tutorialnya, saya jadi bisa nih mas :D kebetulan lagi coba-coba blender.

    oh iya mas, yang mas sopyan sebut jari sisa itu kalau tidak salah namanya jari manis :)

    BalasHapus
  16. thanks tutorialnya, mantap nih nambah pengetahuan :D sukses terus mas

    BalasHapus
  17. thanks,,,,semoga berkah ilmunya

    BalasHapus
  18. mas, itu waktu generate meta rig nya langsung muncul garis2 kuning (controller shape) di karakter yang dibikin? aku coba generate meta rig di karakterku , garis garis bantu (yang biasa ku sebut controller shape) nya ga keluar sama sekali. Apakah perlu set parent dulu ataukah ada step lain yang terlewat? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq malah ga ada " generatenya" apa mnkn klu di model simple human (nonkakashi) blm di set generatenya?

      Hapus
  19. kang kakashi blen nya ko gak bsa di dwonload kenapa ya

    BalasHapus
  20. mas.. aku udah download blender 2.77a tapi pas di buka koq gx ada tulisan2 / teks pada menu nya..itu gmna y solusinya?

    BalasHapus
  21. aku pake notebook 32 bit aspireone d270

    BalasHapus
  22. Kalo import->obj bisa pake meta rig gk kang?

    BalasHapus
  23. bang kalau di software blender saya kok cuma ada single bone yha gimna tuh??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bang saya juga, itu gimana ya gaada human materig nya.

      Hapus
  24. Kang ko "rig layers" saya ga keluar ya?

    BalasHapus
  25. reupload kakashi nya dong om jangan di 4shared
    ;hope
    ;

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di 4shared enak koq download nya

      Hapus
  26. Cara simpan biar jadi vidio bisa gak bang?

    BalasHapus
  27. Mantap blender penggunaannya mudah atau tidak ya mas?

    kalo saya bisa menggunakan CAD dan Sketup, Chief Architech...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja yg penting tahu menu nya aja banyak

      Klo blender open source tidak perlu di crack dan aplikasi blender buat gambar 3D membuat dari nol dan juga animasi 3D atau pun film bisa juga game karakter

      Hapus
Posting Komentar

jangan berkomentar berbau sara dan spam :)