Cara mengubah MicroSD jadi penyimpanan internal di Android Marshmallow

 Update os ke android marshmallow sangatlah bermanfaat karena pada os marshmallow ini diberikan akses full (read & write) yang sebelumnya pada os lollipop sangat dibatasi penggunaannya, tidak hanya itu pada android marshmallow diberikan keleluasaan pada item penyimpanan internal untuk memperbesar penyimpanan internal pada hape android. Apabila penyimpanan internal pada android kita sudah mulai penuh dan sedikit sekali ruang bebas tersisa mungkin ini saatnya untuk mengubah microSD yang ada dijadikan penyimpanan internal pada hape kita.

mengubah MicroSD jadi penyimpanan internal

 Untuk MicroSD yang akan dijadikan penyimpanan internal sebenarnya sudah diberikan opsi pada saat kita menancapkan MicroSD kita ke android marshmallow atau pada saat sesudah upgrade ke android marshmallow nya.

 Disitu kamu akan diberikan opsi “Gunakan sebagai penyimpanan portabel” atau “Gunakan sebagai penyimpanan internal”. Bila ingin menjadikan sebagai memori internal, pilih opsi kedua yaitu “Gunakan sebagai penyimpanan internal”, setelah itu ikuti saja prosesnya hingga selesai (dalam prosesnya, migrasi data juga akan dilakukan).
mengubah microsd menjadi penyimpanan internal

 Apabila opsi untuk memilih MicroSD seperti pada gambar diatas tidak muncul maka kita bisa memilih langsung masuk saja ke “Pengaturan > Penyimpanan & USB > Pilih Kartu SD” setelah itu pilih “option (icon 3 titik dipojok kanan atas) > Format sebagai internal/portabel”.
 Seperti pada gambar dibawah ini
mengubah microsd menjadi penyimpanan internal
 Sebetulnya pada gambar diatassama saja cara nya antara MicroSD dijadikan penyimpanan internal dengan cara mengembalikan MicroSD menjadi penyimpanan portable.

Keuntungan mengubah MicroSD menjadi penyimpanan internal





 Sebenarnya sudah jelas bahwa keuntungan dari menjadikan MicroSD ke penyimpanan internal adalah melonggarkan ruang seperti terkadang cache sebuah aplikasi yang besar,atau file file gambar yang tercipta dengan sendirinya tentu ini akan sangat bermanfaat menjaga kapasitas ROM hape kita agar tidak penuh atau sesak.
 Dengan fitur ini kita juga tidak takut akan kehabisan ruang jika kita akan menginstall banyak aplikasi tanpa takut kehabisan ruang penyimpanan internal. 

Kekurangan bila kamu mengubah MicroSD menjadi memori internal

 Ada kelebihan maka ada juga kekurangan nya yaitu jika MicroSD kita dijadikan penyimpanan internal di android marshmallow maka MicroSD kita akan langsung di encrypsi dan hanya hape itu saja yang dapat membaca MicroSD nya,walau sesama marshmallow pun tidak akan bisa.
 Kenapa demikian? ? Karena menurut google ini untuk menjaga keamanan os marshmallow pada hape kita.
 Agar MicroSD bekerja dengan optimal maka gunakan MicroSD terbaik mulai merek dan class MicroSD (memory class terbaik class 10)
 Demikian cara mengubah MicroSD menjadi penyimpanan internal pada os marshmallow dan semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Ada cara upgrade nya juga gak kang ? soalnya android saya belum marshmallow nih.. mau tanya kalau upgrade dari jellybean ke marshmallow menyebabkan botloop gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo untuk upgrade secara benar tentu g bakalan bootlloop , oya coba nyari. Di xda rom yg sesuai tipe hp nya
      Klo cara upgrade bnyk coba disearch saya blum ada hp buat percobaanya hehe

      Hapus
    2. kesalahan yang biasa membuat hp bootloop saat di upgrade biasanya apa ya kang ?

      Hapus
    3. Paling sering File yang corrupt kang :)
      Lost konek usb,batre ngedrop dll jarang" resiko nya install ulang lg

      Hapus
    4. Kalau begitu terimakasih info nya kang :)

      Hapus
  2. mau nyoba tpi syng hrus format microSD dlu yaa..
    kapan" boleh nih nyoba experimen..thanks sharingnya mas

    BalasHapus
  3. Kadang saya juga sering galau kang gara gara yang satu ini karena takutnya ada apa apa gituh eh ternyata aman terkendali saja ya kang, okeh lah kalau begitu bisa saya coba dulu nih.

    BalasHapus
  4. Mohon bantuanya, sy udh upgred ke android marshellow tpi knpa aplikasi nya tidak bisa di pindahkan ke memory sd,semua cara yg ada di google sy udh cba ttp aja tdk bisa. Tdk ada kata ganti penyimpanan di setting, hp sy asus zenfone max, mohon bantuanya

    BalasHapus
  5. Klo gak muncul pemilihan penyimpanan gimana ?? Cuma muncul penyimpanan portabel aja . storage portabelnya gak muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga ngk muncul.kasih taw dong sarannya

      Hapus
  6. Hp saya samsung j5, baru diupgrade ke marshmallow. Saya sudah mengikuti cara diatas. Tapi yang tersedia cuman format sebagai portabel. Kalau sebagai portabel berarti kan MicroSD saya masih tetap sebagai memori eksternal kan? Saya bingungnya kok gak ada pilihan format sebagai internal ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas kalo tidak ada pilihan harus di pakai cara adoptable nya di enable

      Hapus
  7. postingan yang bermanfaat .. good job
    solder uap

    BalasHapus
Posting Komentar

jangan berkomentar berbau sara dan spam :)