Tips ganti template blogger biar visitor tetap stabil

 Ganti ganti template biasanya sering saya lakukan mengingat karena tidak cocok nya pada menu menu tertentu ataupun karena jadi lambat nya di crawl oleh googlebot, saya sendiri sering membandingkan beberapa minggu dipasang dan melihat perubahan yang terjadi baik pada visitor maupun di hasil penelusuran search engine baik google yahoo maupun bing.
  Bila sobat ingin mengganti template blogger dan takut akan visitor berkurang drastis sebaik nya jangan takut berikut akan saya berikan tips nya buat sobat sobat sekalian dari yang saya alami.
  Pada awal nya saya juga hanya mengganti template asal asalan lalu fetch url homepage pada webmaster biar secara search engine bisa diperbaharui atau segera di crawl template baru saya pasang oleh googlebot namun kenyataan nya bahwa setiap template berbeda beda dari yang saya alami ada yang cepat ada yang lambat bahkan ada yang tidak jadi crawl sama sekali jadi inti nya tidak berubah pada hasil penelusuran, oleh karena itu bagi yang ingin mengganti template baru di blogger dan visitor tetap stabil berikut yang saya lakukan pada saat mengganti template nya.

langkah langkah ganti template blogger


  1. Membackup template lama
  2.  Saya rasa soal back up memback up adalah hal yang wajib ya bagi setiap blogger jadi hal pertama adalah memback up template lama anda yang visitor nya sudah stabil, karena bila terjadi kegagalan ditemplate baru bisa diupload lagi template yang lama.

  3. Memindahkan meta tag dan tag heading dari template lama
  4.  Saat mengganti template kita mulai dari atas sekali cek satu persatu ya tentu saja yang diatas adalah meta tag dan tag heading, saya sendiri saat mengganti template lama ke template baru saya menyamakan kode tersebut dan tentu nya tidak report tinggal mengcopy saja meta tag ditemplate lama ke template baru.

    • memindahkan meta tag
      Untuk template bawaan blogger yang masih memakai kode all head content

    <b:include data='blog' name='all-head-content'/>
      Sepertinya tidak perlu dipindahkan karena untuk meta tag tersebut sudah standar dari blogger dan didalam template baru standar pun isi nya sama, namun apabila meta tag yang sudah di modif silahkan dicopy saja dan ditemplate yang baru dihapus saja gunakan lah meta tag yang ada template lama karena sudah terbukti memberikan visitor yang stabil.
    Untuk meta tag sendiri biasa nya seperti ini kira kira

    <b:if cond='data:view.isSingleItem'>
    <title><data:blog.pageName/></title>
    <b:elseif cond='data:view.isHomepage'/>
    <title><data:blog.title/></title>
    <b:elseif cond='data:view.search.label'/>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    <b:elseif cond='data:view.search.query'/>
    <title>
    <meta content='noindex/nofollow' name='robots'/>
    <meta content='noindex/nofollow' name='googlebot'/>
    <b:elseif cond='data:view.isSingleItem or data:view.isHomepage'/>
    .....
    Dll

     Jadi silahkan replace ditemplate yang baru gunakan meta tag yang ada pada template lama.
    Tujuan nya adalah agar spiderbot mengenali bahwa owner ,status blog, deskripsi dll tetap sama jadi tidak ada perubahan sehingga kesetabilan seo tetep tidak berubah.
     Saya sendiri mengalami saat masih menggunakan meta seo lama diganti oleh meta baru yang katanya seo sampai panjang banget akhir nya amburadul dalam ranking search engine.
  • Memindahkan tag heading
      Bagi seorang blogger seperti nya tag heading sudah pada tahu ya apalagi sekarang template template dari master template di indonesia ini sudah pada memakai tag heading yang dinamis.
      Untuk memindahkan tag heading disini maksudnya adalah susunan tag heading H1 H2 H3 dsb dari template lama terapkan ditemplate baru.
    Sebagai contoh kita simulasikan ditemplate lama mendapati tag heading sebagai berikut

    pada homepage
    H1 judul blog
    H2 latest artikel
    H3 widget populer
    H4 widget artikel terbaru

    Pada single item/halaman postingan
    H1 judul artikel
    H2 judul blog
    H3 widget populer
    H4 widget artikel terbaru
    H5 minor heading dalam artikel
    H6 komentar

     Diatas sebagai contoh saja, bila struktur nya sudah tahu pada template lama misal seperti diatas maka silahkan sama kan agar tidak berubah.

    Berikut ketidaktahuan saya dalam ganti template tidak memperhatikan 2 hal diatas

    Tips ganti template blogger biar visitor tetap stabil


      Dihasil penelusuran susah sekali berubah dan tidak ada visitor nya di judul artikel tersebut walau sudah berkali kali di fetch as hasil nya tetap tidak berubah bahkan sampai sekarang ngeblog lagi masih tetep.

    Tujuan nya adalah agar spiderbot mengenali H1 H2 dsb tidak berubah dalam artian tag heading ini adalah senjata SEO untuk memberikan informasi yang akurat, alur dari spiderbot sendiri saat mengcrawl sebuah situs tentu mencari content yang disajikan oleh situs tersebut biasanya mencari lewat tag heading H1 lalu ke H2 bila masih tidak ditemukan informasi yang relevan spiderbot akan mencari ke H3 dst. bayangkan klo berubah H1 nya jadi komentar :D entah apa yg terjadi.

  1. Template baru memakai engine struktur terkini
 Pada saat ini saya juga belum sempet upgarde pada versi 3 bila ada waktu nanti template saya ini juga saya upgrade, kenapa demikian ya kita ikut yang terbaru saja dulu saya punya pengalaman saat mengganti template tidak responsive dan pada saat itu mulai rame template terbaru tentang template responsive dan valid html5 serta valid schema lalu saya coba mengganti ketemplate struktur terbaru pada saat itu hasil nya signifikan dan visitor meningkat terhadap artikel artikel lama, dan saat ini engine template blogger terbaru v3 saya rasakan bagus sekali di pagespeed insight.



  • Tips dari juragancipir mbak indri

  •  Ganti template saat dalam keadaan sepi pengunjung atau visitor, ya mungkin anda lah yang tahu dimana saat saat jam sepi pada blog anda lalu publish lah sebuah artikel baru.


  • fetch as url homepage ke webmaster

  •  Saya kira ini sudah pada melakukan nya, namun bila blum melakukannya pada sesudah ganti template ya silahkan submit homepage anda atau lebih kenal nya fetch as pada bing atau yandex namun sekarang pada google console tidak ada lagi fetch as jadi pada google console silahkan pilih inspeksi URL pada laman atau artikel terbaru di buat.

    Tujuan semua langkah diatas adalah adalah agar spiderbot search engine saat mengcrawl blog anda dari segi struktur meta tag dan tag heading tidak ada yang berubah, sehingga kesetabilan visitor dari search engine tetap terjaga karena isi dari konten blog nya tidak berubah.

      dengan cara ini alhamdulillah untuk visitor tidak turun drastis masih stabil , jadi silahkan bereksperimen bila ada tips yang baru silahkan ajukan dalam komentar karena itu adalah juga pelajaran bagi saya kedepan nya.

    jangan berkomentar berbau SARA dan SPAM

    Komentar disqus
    Komentar Facebook