Cara membaca hasil USG lengkap bagi ibu (Ultrasonography)

 Bagi pasangan baru terutama para ibu baru hamil sangat sering memeriksakan ke dokter untuk di USG namun apakah bingung Cara membaca hasil USG karena penjelasan dari dokter sedikit.
 Sebetulnya hasil usg berupa 2D kebanyakan, namun sekarang ini ada juga berupa hasil 3D dan 4D (3 dimensi dan 4 dimensi) yang diberikan bisa berupa foto atau kepingan CD sama hal nya dengan foto rontgen hasilnya diberikan dalam bentuk CD selain simple juga hemat ruang.

Cara membaca hasil USG

Cara membaca hasil USG
 Apa itu USG?
USG kepanjangan dari Ultrasonography yang artinya adalah sebuah alat yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga manusia. Dengan alat USG ini sekarang pemeriksaan organ-organ tubuh dapat dilakukan dengan aman (tidak ada Efek radiasi).
 Jadi USG ini tidak untuk ibu hamil saja bagi pria pun banyak yang dilakukan USG biasanya untuk mengecek organ organ dalam tubuh di dokter spesialis penyakit dalam sering dilakukan.

 apa itu hasil USG 2D?
USG 2 dimensi adalah hasil pemeriksaan berupa foto yang hanya menampilkan panjang dan lebar

 apa itu hasil USG 3D?
USG 3 dimensi adalah teknik sonografi medis yang dipatenkan pada tahun 1987, Walaupun juga digunakan untuk pemeriksaan dan diagnosis kesehatan, namun teknik ini lebih banyak digunakan untuk prosedur kebidanan, yaitu untuk mengambil gambar 3D janin saat berada dalam kandungan.

apa itu hasil USG 4D?
USG 4 dimensi adalah jenis pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan ultrasonografi yang bisa menangkap gambar janin di dalam rahim secara lebih jelas. Apabila pada USG 3 dimensi Anda hanya bisa melihat gambar janin saja maka Anda bisa melihat pergerakan dan suara janin pada USG 4 dimensi.

Waktu yang tepat USG untuk ibu hamil !
 Jika masa kehamilan memasuki minggu ke 23 - 25 adalah dimana waktu untuk banyak berkonsultasi dengan dokter spesialis tentunya dan para ibu harus lebih aktif dalam menanyakan kondisi janin nya.
 Pada masa masa ini bila diperlukan melakukan USG berupa 2 dimensi atau 3 dimensi namun alangkah baiknya ikuti saja petunjuk dari dokter.
  Jika masa kehamilan memasuki minggu ke 27 - 32 adalah dimana pertumbuhan dede bayi dalam rahim semakin besar dan wajah bayi pun mulai terlihat jelas.
 Pada masa masa ini USG 2 dimensi / 3 dimensi atau ikuti rekomendasi dari dokter.
 Jika masa kehamilan memasuki minggu ke 33 - 36 adalah waktu yang tepat untuk pemotretan wajah dan prediksi jenis kelamin Pada masa masa ini silahkan melakukan USG berupa 2 dimensi , 3 dimensi atau 4 dimensi namun alangkah baiknya ikuti saja petunjuk dari dokter.
  • gambar / foto hasil USG
    Pada hasil USG tentunya yang pertama kelihatan adalah gambar janin karena paling dominan pada hasil usg 
  • warna hasil USG
    Warna hitam adalah cairan amnion atau cairan ketuban di dalam rahim
    Warna abu-abu dalah jaringan tubuh pada kulit atau organ
    Warna putih adalah tulang karena tulang memantulkan gelombang suara lebih banyak
  • ukuran hasil USG
    Untuk ukuran berupa angka angka yang tertera pada hasil USG untuk membaca nya sebaiknya untuk hal ini tanyakan pada dokter
 Selain itu pada hasil USG terdapat keterangan berupa huruf huruf yang disingkat seperti
  1. LMP
    LMP adalah Last Menstrual Period, LMP artinya sama dengan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dimana bisa menjadi perkiraan kapan dede bayi lahir
  2. EDD
    EDD adalah Estimated Delivery Date artinya Hari perkiraan lahir dimana hasilnya berhubungan dengan LMP
  3. GS
    GS adalah Gestational Sac artinya menunjukkan ukuran kantung amnion di trimester awal, Ukuran kantung amnion ini diukur melalui ukuran bulatan hitam yang merupakan cairan amnion.
  4. FHR
    FHR adalah Fetal Heart Rate artinya Frekuensi detak jantung bayi
  5. FW
    FW adalah Fetal Wight artinya Berat janin , bisa diketahui bersamaan dengan nilai Indeks Cairan Amnion atau AFI (Amnion Fluid Indeks) dan beberapa ukuran kehamilan lainnya seperti BPD, FTA, dan FL.
  6. CRL
    CRL adalah Crown Rump Length artinya ukuran panjang mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki bayi
  7. GA
    GA adalah Gestasional Age artinya perkiraan usia kandungan yang diukur dari hasil CRL dan HC
  8. HC
    HC adalah Head Circumferencial artinya ukuran lingkar kepala janin dan hasil HC menjadi dasar untuk mengetahui perkembangan janin
  9. AC
    AC adalah Abdominal Circumferencial artinya nilai lingkar perut janin ini bisa mendapatkan ukuran janin lainnya seperti perkiraan berat bayi.
  10. BPD
    BPD adalah Biparietal Diameter artinya ukuran tulang pelipis kedua sisi janin, usia kehamilan menginjak trimester 2 dan 3 hasil ini akan dicantumkan dalam hasil usg
  11. EFW
    EFW adalah Estimated Fetal Weight artinya perkiraan berat bayi dalam gram.
  12. FL
    FL adalah Femur Length artinya panjang tulang paha bayi, Nilai FL baru dicantumkan pada kehamilan trimester 2 dan 3.
  13. FTA
    FTA adalah Fetal Trunk Abdominal artinya penilaian untuk mengukur panjang badan di trimester 2 dan 3.
Istilah istilah diatas sering ditemukan dalam hasil USG jadi semoga bisa membantu dengan artikel ini
Cara membaca hasil USG 2 dimensi , 3 dimensi atau 4 dimensi sama saja hasilnya berupa foto namun untuk 4 dimensi lebih lengkap dan mendetail.
 Tetapi untuk hasil USG 4 dimensi ini tidak sealu bisa menampilkan pemotretan wajah karena kondisi kehamilan tiap orang berbeda beda jadi jangan kecewa jika setelah USG 4 dimensi hasilnya kurang memuaskan untuk melihat wajah dede bayi.
 USG sendiri kadang tidak bisa dilakukan jikalau terhalang oleh tulang dan gas sebagai gantinya yang tidak bisa USG bisa ikuti rekomendasi dari dokter setempat misalkan melakukn CTscan atau juga MRI yang bisa lebih mendetail namun resiko untuk janin terhadap radiasi harus dikonsultasikan.

Subscribe channel Youtube author

jangan berkomentar berbau SARA dan SPAM

Komentar disqus
Komentar Facebook